Keuntungan Implementasi IoT Di Bidang Transportasi

Transport Management System – Aplikasi IoT di bidang transportasi menawarkan keunggulan yang signifikan untuk berbagai aspek. Berikut adalah keuntungan dari implementasi IoT di bidang transportasi:

1. Efisiensi angkutan umum meningkat

Dengan data real-time dari aplikasi, efisiensi penggunaan angkutan umum dapat meningkat, mendorong masyarakat untuk meninggalkan mobil pribadinya dan naik angkutan umum.

2. Mengurangi kemacetan lalu lintas

Peralihan masyarakat dari mobil pribadi ke angkutan umum memberikan manfaat yang signifikan dalam mengurangi kemacetan lalu lintas. Bagi dunia usaha, mengurangi kemacetan lalu lintas berarti tidak hanya menemui pelanggan tepat waktu, namun juga memastikan karyawan tiba di tempat kerja tepat waktu dan dalam kondisi baik.

Hal ini membuka peluang kerja yang efisien dalam pertemuan bisnis dan produktivitas di tempat kerja, sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengurangi stres yang disebabkan oleh lalu lintas.

3. Mengurangi emisi

Mobil yang digunakan masyarakat telah berkontribusi terhadap emisi karbon di seluruh dunia. Selain menjadi penyumbang besar kemacetan lalu lintas, kehadirannya juga turut menyumbang emisi gas rumah kaca. Peralihan masyarakat dari mobil pribadi ke angkutan umum diharapkan dapat mengurangi dampak negatif tersebut. Langkah ini tidak hanya membantu mencegah kemacetan, namun juga berpotensi besar mengurangi jejak karbon.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, kita dapat bergerak maju menuju lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

4. Efektivitas manajemen rantai pasokan

Manajemen rantai pasokan menjadi semakin penting seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi. Semakin besar bisnis Anda, semakin kompleks pula rantai pasokan yang harus dikelola. Mulai dari memperoleh bahan dari pemasok hingga mengirimkan produk ke cabang, gudang, toko, dan pelanggan, efisiensi setiap saat adalah hal yang penting.

Manajemen rantai pasokan yang efektif memastikan proses penjualan, produksi, dan distribusi beroperasi secara efisien tanpa gangguan besar, sehingga memungkinkan bisnis meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan merespons kebutuhan pelanggan.

 

Tantangan penerapan IoT di sektor transportasi

Penerapan Internet of Things (IoT) pada sektor transportasi di Indonesia menghadapi tantangan besar, terutama terkait kondisi lokal dan infrastruktur Internet. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang mempunyai lebih dari 16.700 pulau oleh karena itu Indonesia memiliki wilayah yang beragam dan luas. Hal ini menjadi kendala besar karena kualitas internet di daerah pedesaan, seperti pulau-pulau terpencil atau daerah pegunungan, seringkali buruk.

Tantangan-tantangan ini menghambat penerapan teknologi IoT di sektor transportasi, mengingat ketergantungan pada konektivitas yang andal untuk operasional yang efisien dan terintegrasi.

Transport Management System Agungrent

Dapatkan informasi mengenai transport Management System Agungrent (IoT) di https://tms.agungrent.co.id, transport Management System merupakan layanan Agungrent yang meberikan kemudahan Anda dalam mengelola armada perusahaan Anda dengan bantuan dari IoT.

Mobisoft Solution merupakan penyedia layanan Transportation Management Solution terintegrasi untuk bisnis dan kebutuhan Anda.
Kami menyediakan unit kendaraan, driver, traffic control warden, dispatcher, pengawalan voorijder, sampai system transportasi dan aplikasi mobile Apps terintegrasi

Connected With Us

Copyright © 2024TMS Agungrent